Kamis, 06 Januari 2011

Catu Daya/ Generator

Generator adalah sebuah pesawat yang merubah energi mekanik menjadi energi listrik. Energi mekanik diperoleh dari mesin penggerak seperti mesin diesel, turbin dan lain-lain. Secara umum fungsi generator adalah untuk mensuplai arus pada sistem kelistrikan. Proses pembangkitan listrik pada generator menggunakan prinsip induksi yaitu apabila terjadi perpotongan medan magnet dengan penghantar, maka pada penghantar akan timbul gaya gerak listrik.Generator AC disebut juga Alternator.Altenator dapat mensuplai arus bukan hanyapada kecepatan tinggi tetapi juga pada putaranidle. Kerja sebuah alternator persis sepertigenerator DC, yang membedakan keduany aadalah konstruksi. Pada alternator medan magnet berputar, Penghantar diam, sedangkan padagenerator medan diam, penghantar berputar.Pada alternator, kumparan penghantar dipasangpada rangka yang disebut stator. Medan magnetdisebut rotor, bergerak ditengah stator. Statorterdiri dari konduktor yang dililitkan dengan jumlah yang lebih banyak, hal ini memungkinkan diperoleh induksi listrik yanglebih besar (dapat menghasilkan tegangan yang mencukupi pada putaran rendah). Untuk lebihlebih jelasnya, proses kerja alternator, seperti pada gambar.



Relay

Relay adalah komponen yang menggunakan prinsip kerja medan magnet untuk menggerakan saklar. Saklar ini digerakan oleh magnet yang dihasilkan oleh kumparan di dalam relay yang dialiri arus listrik. Susunan sederhana relay ditunjukan pada gambar.


Gambar diatas  terdiri dari kumparan kawat penghantar yang digulung memutari inti magnet.Jika kumparan dialiri arus, maka akan terjadi medan magnet yang akan menarik armatur berporos dan memaksanya bergerak- cepat kearah atas. Gerakan armatur ini akan menyebabkan kontak membuka atau menutup.Konfigurasi dari kontak-kontak relay ada 3 jenis,yaitu:
1. Normally Open (NO), apabila kontak-kontaktertutup saat relay dicatu.
2. Normally Closed (NC), apabila kontakkontakterbuka saat relay dicatu.
Change Over (CO), relay mempunyai kontaktengah yang normal tertutup, tetapi ketika relaydicatu kontak tengah tersebut akan membuat hubungan dengan kontak-kontak yang lain.Relay digunakan karena komponen Transistor tidak dapat berfungsi sebagai switch (saklar)tegangan AC atau tegangan tinggi.

Sistem Starter Generator

Untuk menghidupkan mesin diperlukantenaga dari luar yang dapat memutarkan poros engkol sampai terjadi pembakaran dan mesinbekerja. Tenaga luar inilah yang harus dihasilkanmotor stater. Gambar di bawah memperlihatkan mekanisme sistem starter generator hampir sama dengan starter sebuah mobil.


Mekanisme sistem starter Prinsip Kerja Motor Starter adalah mengubah energi listrik dari baterai menjadienergi mekanik berupa putaran pinion gear pada motor starter. Pada saat mesin start, putaran pinion gear ini dipindahkan ke ring gear yang terpasang pada bagian luar fly wheel, sehingga fly wheel bersama poros engkol berputar. Bilamesin sudah hidup, tenaga putar motor starter tidak diperlukan lagi, perkaitan antara piniongear dan ring gear harus dilepas. Ini terjad isecara otomatis ketika switch motor starter off.

Pengukuran Bahan Bakar Generator

Bahan bakar dalam generator sedapatmungkin selalu penuh. Tangki bahan bakar yangtidak terisi penuh akan terisi udara yangmengandung uap air. Dalam keadaan dinginmaka uap air tersebut akan mengembun danmenetes, bercampur dengan bahan bakar.Untuk mengetahui seberapa banyak jumlahbahan bakar dalam tangki banyak pemilikgenerator yang enggan melakukannya karenaletak tangki bahan bakar yang agak tersembunyisehingga jumlah bahan bakar di dalamnya tidakkelihatan dengan jelas. Untuk mengatasi haltersebut maka hampir setiap generator sekarangini dilengkapi dengan alat pengukur bahan bakardalam tangki. Jumlah bahan bakar dalam tangkilangsung dapat diketahui dengan melihat panelinstrument yang terletak diruang pengapian.Prinsip kerjanya pada kondisi pertama akanterjadi hubungan antara inputan dengan sensorsehingga jarum penunjuk tertarik ke arah E yangberarti kosong. Jika jumlah bahan bakar dalamtangki penuh maka pelampung akan terangkatdan akan memutuskan hubungan antara inputandengan sensor. Maka pada kondisi kedua jarum enunjuk akan tertarik ke arah F berarti penuh.








Tidak ada komentar:

Posting Komentar